Jumat, 14 Mei 2010

musabaqoh hifdzil quran tingkat sekolah AAIBS seru...



Limo. bertempat diaula kampus Almanar Azhari limo depok hari ini (15/5) diselenggarakan kegiatan lomba yang bertujuan untuk menggali potensi dan kemampuan setiap siswa dalam menghafal dan memahami al-qur'an.


Almanar Azhari adalah salah satu sekolah yang mendapatkan branch dari Al azhar university mesir, disekolah dengan sistem diasramakan (boarding) ini kegiatan menghafal alquran merupakan kegitan ekstrakurikuler wajib bagi siswanya. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diwajibkan ada bagi sekolah yang bekerjasama dengan Al Azhar University selain beberapa mata pelajaran khusus tentang ilmu-ilmu keislaman (islamic studies).


Sistem asrama yang diberlakukan di sekolah Almanar Azhari memungkinkan siswa berada dalam miliu pendidikan yang ideal, dan mendapatkan pendampingan belajar selama 24 jam penuh.

Untuk mendukung pembelajaran alquran ini Almanar Azhari mempunyai aturan baku, bahwa setiap pendidik yang mengajar di sekolah itu harus hafal alquran juga. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat belajar alquran setiap saat kepada para hafidz dan hafidzoh secara langsung.


Kegiatan ini diikuti seluruh siswa mulai dari kelas VII SMP hingga kelas XI. dan dipandu dengan menggunakan dua bahasa, arab dan bahasa inggris yang sudah menjadi bahasa wajib dilingkungan sekolah.


Musabaqoh hifdzil quran kali ini dibagi menjadi beberapa kategori, antara lain, kategori juz 30, kategori juz 1 dan kategori juz 30 dan juz 1.


Dan yang berhasil menjadi juara adalah sebagai berikut untuk juz 30 tingkat SMP Disya hasya muti (Banten) dan Alia Elma Khusdiana (jawa timur), untuk kategori juz 1 Ahmad Sirajuddin (jakarta), Muhammad Irfan (Kalimantan Selatan), Ana Agitsa julfa (Sukabumi)


Nur Adi Setyo, guru Almanar Azhari mengungkapkan bahwa acara musabaqoh hifdzil quran kali ini dimaksudkan juga sebagai ajang latihan bagi pihak sekolah, karena tahun depan sekolah akan menyelenggarakan acara serupa dengan peserta yang lebih besar dan melibatkan sekolah-sekolah se-Jabodetabek.

0 komentar:

Posting Komentar